Kata ganti orang Pertama

Banyak cara untuk menyebut “Aku” dalam bahasa Jepang. Kata ganti orang pertama tunggal dalam bahasa Jepang mempunyai banyak varian tergantung tingkat kesopanannya. Kata ganti orang pertama tunggal yang paling sering digunakan dalam bahasa Jepang adalah watashi yang versi resminya adalah watakushi. Watakushi adalah bentuk yang paling sopan dan formal sehingga lebih sering digunakan dalam acara-acara resmi dan formal (seperti pidato politik atau acara resmi di perusahaan). Dalam percakapan sehari-hari, orang-orang lebih sering menggunakan watashi.

Watakushi(私) punya beberapa bentuk yang lebih singkat. Kata-kata yang merupakan bentuk singkat dari watakushi yaitu :

  1. watashi => formal / sopan
  2. atakushi => formal / sopan, digunakan perempuan
  3. atashi => informal / kasual, digunakan oleh perempuan untuk memberikan kesan imut
  4. washi => biasa digunakan oleh lelaki tua
  5. atai => informal / vulgar, digunakan oleh perempuan
  6. asshi => digunakan oleh pria dewasa di sekitar teluk di Tokyo

Semua kata-kata di atas artinya dalah “saya / aku”. Selain kata-kata di atas, ada kata-kata lain yang berarti “saya”. Kata-kata tersebut yaitu boku dan ore. Boku (僕) dan Ore (俺) lebih sering digunakan dalam suasana santai yang tidak formal. Ore digunakan oleh laki-laki untuk menunjukkan kesan maskulin, sedangkan boku bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Selain itu, ada juga kata ware yang sudah sangat jarang digunakan kecuali dalam hal-hal yang berbau tradisional.

Btw, kalau kalian sering nonton anime, mungkin ada yang pernah mendengar kata “ore-sama”. Kata ore-sama menunjukkan kepercayaan diri yang berlebih dan terkesan narsis. Kata ini sangat tidak sopan dan tidak seharusnya digunakan di dalam percakapan sehari-hari.

Selanjutnya kita akan mempelajari bentuk jamak dari kata ganti orang pertama. Bentuk jamak dari kata ganti bisa dibuat dengan menambahkan tachi, domo atau ra. Kata ganti orang pertama jamak dalam bahasa jepang bisa berarti “kita / kami”. Versi paling sopan dan formal dari kata kami / kita adalah watakushidomo.

Di bawah ini kalian bisa melihat semua kata yang berarti kami atau kita.

  1. Watakushidomo(私共)
  2. Watakushitachi(私達)
  3. Watashitachi
  4. Bokutachi(僕達)
  5. Atashitachi
  6. Bokura(僕ら)
  7. Atashira
  8. Oretachi(俺達)
  9. Orera(俺ら)
  10. Wareware (我々)

Dalam percakapan sehari-hari, sebaiknya kalian hanya menggunakan watakushitachi atau watashitachi, jika lawan bicara kalian adalah orang yang tidak kalian kenal. Jika kalian sudah merasa akrab dan lawan bicara kalian menggunakan salah satu kata ganti di atas, mungkin kalian bisa mempertimbangkan salah satu kata ganti di atas selama lawan bicara kalian tidak jauh lebih tua dari kalian.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x