Definisi dan Jenis-jenis Teks dalam Bahasa Indonesia

Teks punya beberapa pengertian dalam KBBI. Kalau kita sederhanakan, teks bisa didefinisikan sebagai tulisan yang berupa kutipan maupun kata-kata asli dari pengarang. Teks bisa digunakan sebagai bahan pidato, pemberi pelajaran, alasan penguat, dan sebagainya.

Dalam bahasa Indonesia maupun bahasa-bahasa lainnya, teks bisa dibagi jadi beberapa macam. Tiap jenis teks punya struktur dan kegunaannya masing-masing. Dalam bahasa Indonesia, teks bisa dikelompokkan menjadi teks narasi, deskripsi, eksposisi, eksplanasi, persuasi, dan argumentasi.

Narasi

Teks narasi berisi cerita yang dijelaskan dengan detail berdasarkan urutan waktu tertentu. Teks narasi bisa menceritakan kisah fiksi maupun non-fiksi. Kisah fiksi adalah kisah yang berasal dari imajinasi penulisnya. Itu berbeda dengan kisah non-fiksi yang bersumber dari kisah nyata yang benar-benar terjadi. Cerita non-fiksi bisa berupa pengalaman yang dialami sendiri atau hasil pengamatan seseorang terhadap kehidupan orang lain. Contoh teks narasi yang bersifat fiksi diantaranya adalah roman, novel, cerpen, drama, dan biografi.

Deskripsi

Teks deskripsi ditulis dengan menggambarkan objek berdasarkan ciri-ciri atau sifat yang terlihat dengan panca indera. Kita bisa menjelaskan ciri-ciri dari satu objek atau seseorang beserta bagian-bagiannya dengan menggunakan teks deskripsi. Ciri-ciri yang kita jelaskan bisa berupa bentuk, warna, bau, sifat, dll.

Teks Eksposisi

Teks Jenis ini berisi Fakta dan opini dari penulis tentang suatu gagasan tertentu. Opini dari teks eksposisi seharusnya logis dan disertai dengan fakta yang berhubungan opini tersebut. Teks eksposisi menggunakan fakta sebagai penguat dari opini. Opini dari penulis bisa digunakan untuk mengevaluasi, memberikan klarifikasi, atau membuktikan kebenaran dari informasi-informasi atau permasalahan tertentu.

Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi berisi penjelasan-penjelasan yang bersifat ilmiahtentang fenomena alam atau fenomena sosial. Contoh fenomena alam yang kita bahasa adalah bencana alam, cuaca, dan peristiwa alam lain yang bisa kita lihat dalam keseharian kita. Fenomena sosial yang bisa dibahas misalnya kualitas pendidikan, kesehatan, kesadaran masyarakat, kenaikan harga barang, dan masalah-masalah sosial lainnya. Kalau kalian lupa dengan kegunaan teks eksplanasi, coba ingat kata explanation dalam bahasa Inggris.

Teks Persuasi

Teks persuasi berisi ajakan untuk melakukan sesuatu. Teks persuasi ditulis berdasarkan pemikiran penulis untuk meyakinkan pembaca agar berpikiran sama dengan penulis. Teks persuasi biasanya bersifat subjektif karena berisi sudut pandang penulis. Walaupun begitu, penulis bisa menyertakan data atau bukti untuk membuat pembaca lebih yakin. Penulis juga harus pandai memilih kata dan memainkan emosi pembacanya saat membaca teks jenis ini

Teks Argumentasi

Teks argumentasi digunakan untuk menjabarkan ulasan, bahasan, atau ide pribadi dari penulisnya. Teks argumentasi berisi ide pokok yang dijabarkan di setiap paragraf. Walaupun tidak berisi ajakan seperti teks persuasi, teks argumentasi juga ditujukan untuk meyakinkan pembaca agar punya pemikiran yang sama dengan penulis.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x