Pengertian dan Jenis-jenis Paragraf

Menurut KBBI, paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan. Paragraf biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru. Paragraf penting dalam penulisan teks jenis apapun. Paragraf akan mempermudah pembaca untuk menemukan suatu informasi. Selain itu, paragraf juga membuat teks terlihat lebih rapi.

Kata lain yang punya kesamaan arti dengan paragraf adalah alinea. Dalam KBBI, alinea didefinisikan sebagai bagian wacana yang mengungkapkan satu pikiran yang lengkap atau satu tema yang dalam ragam tulis ditandai oleh baris pertama yang menjorok ke dalam atau jarak spasi yang lebih. Apapun definisi panjang lebarnya, tujuan yang paling terlihat dari paragraf adalah membagi teks menjadi bagian-bagian pendek dengan ide pokoknya masing-masing.

Berdasarkan letak ide pokoknya, paragraf bisa dibagi menjadi 3 jenis paragraf yang bisa kalian lihat di bawah ini.

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang ide pokoknya ada di awal paragraf. Paragraf dimulai dengan pernyataan umum sebelum kalimat-kalimat yang berisi penjelasan-penjelasan terkait dengan ide pokok tersebut.

2. Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah kebalikan dari paragraf deduktif. Paragraf induktif adalah paragraf yang ide pokoknya ada di akhir paragraf. Paragraf induktif bisa dibagi lagi menjadi beberapa jenis paragraf. Jenis-jenis paragraf tersebut yaitu :

  • Paragraf Generalisasi : Paragraf generalisasi menggunakan pernyataan-pernyataan khusus yang ditarik kesimpulannya berdasarkan adanya kemiripan dari sejumlah fakta khusus.
  • Paragraf Analogi : Paragraf analogi menggunakan perbandingan dari satu hal dengan hal lain yang bersifat sama.
  • Paragraf yang berisi hubungan kasual atau sebab akibat.

3. Paragraf Campuran

Jenis dari paragraf ini adalah campuran dari paragraf induktif dan deduktif. Ide pokok yang ada di awal ditegaskan lagi di akhir paragraf sehingga terlihat sebagai paragraf dengan dua ide pokok.

4. Paragraf Ineratif

Paragraf jenis ini memiliki ide pokok di tengah paragraf. Paragraf jenis ini memberikan gagasan penjelasan di awal paragraf hingga kalimat tertentu yang merupakan ide pokok dari suatu paragraf. Kalimat-kalimat setelah ide pokok bisa berisi penjelasan-penjelasan tambahan terkait ide pokok yang sudah ada di tengah paragraf.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x